Cara Membersihkan CPU

Cara Membersihkan CPU - Perawatan yang teratur sangatlah berpengaruh kepada komputer. Salah satunya adalah dengan menjaga kebersihan CPU. Kebersihan CPU sangatlah berpengaruh terhadap kinerja CPU.



Berikut ini adalah cara membersihkan CPU yang benar
  1. Putuskan Arus Listrik. Lepas semua kabel yang menghubungkan CPU dengan listrik. Lepas juga semua perangkat yang terhubung dengan CPU, seperti monitor, keyboard, mouse dan juga speaker. Pastikan sudah tidak ada arus listrik yang masuk ke dalam CPU.
  2. Besihkan Power Supply Unit (PSU). Lepas semua kabel power supply yang menuju ke motherboard, hardisk, dan CD room. Kemudian lepas baut - baut pengikat power supply ke casing. Bersihkan kipas power supply dengan kuas kecil dan halus secara perlahan - lahan. Lalu tiup debu menggunakan blower atau alat peniup yang lain. Manfaat kita membersihkan kipas power supply adalah untuk menstabilkan temperatur panas dalam power supply. Kipas yang terlalu kotor karena tertutup debu membuat kipas berjalan dengan lambat dan membuat Power supply cepat panas.
  3. Bersihkan Perangkat dalam CPU. Lepaskan semua perangkat yang terhubung ke motherboard, seperti kabel CD Room, hardisk dan RAM dari tempatnya. Bersihkan semua debu dan kotoran lain yang menempel pada perangkat tersebut menggunakan kuas atau lap halus. Khusus untuk RAM, periksa juga konektor yang berwarna kuning keemasan. Bila kurang mengkilap, bersihkan menggunakan penghapus pensil sampai mengkilap.
  4. Bersihkan Motherboard. Setelah perangkat lain dilepas dari CPU dan dibersihkan, bagian CPU yang masih tertinggal dan menempel pada CPU adalah motherboard. Lepaskan semua baut pengikat menggunakan obeng dengan hati - hati agar obeng tidak merusak motherboard. Angkat dari casing, lalu bersihkan dengan kuas atau  lap yang halus secara hati - hati.
  5. Bersihkan Kipas dan Heatsink Processor. Lepas semua pengikat heatsink dengan motherboard. Angkat pelan - pelan heatsink dari tempatnya. Kalau ditemukan kesulitan karena thermal paste pada bagian bawah heatsink menempel erat pada processor, putar - putar heatsink hingga terlepas. Setelah terlepas, bersihkan semua debu dan kotoran lain yang menempel pada heatsink pada kipasnya. Bersihkan juga sisa - sisa thermal paste pada bagian bawah heatsink. Bila memungkinkan, pisahkan kipas dari heatsink agar mudah membersihkannya dan menyatukan kembali jika benar - benar sudah bersih.
  6. Bersihkan Processor. Angkat processor dari tempatnya, lalu bersihkan debu dan kotoran lain yang menempel hingga bersih. Bersihkan juga thermal paste yang menempel pada processor. Jika processor sudah bersih jangan lupa untuk membersihkan dudukan processor pada motherboard.
  7. Bersihkan casing. Setelah semua perangkat selesai dibersihkan, tinggal casingnya. Bersihkan seluruh bagian dalam dan luar casing. Gunakan kain bersih yang telah dibasahi dengan air. Bila perlu gunakan cairan pembersih agar casing bersih dari semua kotoran yang sulit hilang dan casing kembali bersih. Setelah itu berihkan casing hingga benar - benar kering tidak ada sisa air atau cairan pembersih.
  8. Perakitan Kembali. Bila semua perangkat sudah selesai dibersihkan, casing juga sudah bersih dan kering, langkah selanjutnya adalah melakukan perakitan kembali semua perangkat yang telah dibersihkan. Dimulai dengan memasang processor pada tempatnya, jangan lupa mengoleskan thermal paste pada permukaan processor secara merata. Kemudian pasang heatsink pada tempatnya. Jangan lupa untuk mengoles thermal paste pada bagian bawah heatsink. Pastikan semua baut mengikat dengan benar. Setelah itu pasang motherboard dan perangkat lainnya seperti semula.
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Cara Membersihkan CPU"